Makam Wali Songo – Bagi umat muslim di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, tentu sudah tidak asing dengan sekelompok ulama yang biasa disebut wali songo. Mereka adalah sosok-sosok yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam. Saking berjasanya, saat ini keberadaan makam wali songo tersebut menjadi salah satu destinasi ziarah yang banyak dikunjungi masyarakat.

Menurut beberapa sumber, jumlah wali atau ulama penyebar ajaran Islam di Jawa pada abad 14 hingga 18 bukan hanya sembilan orang wali songo ini saja. Namun, sembilan orang yang termasuk dalam kelompok wali songo inilah yang konon paling populer, sehingga masih dikenal sampai saat ini. Wali songo sendiri bermakna sembilan pemimpin.

Mereka adalah Sunan Gresik, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Ampel, Sunan Drajat, Sunan Muria, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan Sunan Gunung Djati. Namanya banyak yang diabadikan sebagai nama perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Bagi kamu yang penasaran dengan sembilan wali songo ini, kamu bisa mengunjungi makam para wali tersebut untuk berziarah sekaligus melakukan wisata religi. Berikut ini adalah lokasi sembilan makam wali songo yang tak pernah sepi.

Baca juga: Sejarah Islam: Sebelum Islam, Masa Kenabian, dan Era Kekhalifahan

Lokasi Sembilan Makam Wali Songo

1. Makam Sunan Gresik – Kabupaten Gresik

Di Jawa Timur, tepatnya di Malang, terdapat sebuah perguruan tinggi bernama UIN Maulana Malik Ibrahim. Nama ini diambil dari nama asli salah satu anggota wali songo, Sunan Gresik. Ia adalah wali tertua yang wafat pada tahun 1419 dan dimakamkan di daerah Gresik, Jawa Timur.

Saat ini, kompleks makam yang terletak di Desa Gapuro Sukolilo tersebut telah ditetapkan sebagai salah satu situs cagar budaya. Kamu bisa mengunjunginya kapan saja, karena memang lokasinya terbuka untuk umum.

Jika ingin ke sana, tak perlu khawatir akan kebingungan, sebab lokasi makam wali songo yang masuk daerah administratif Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik ini berada di pusat kota dan tak jauh dari alun-alun Gresik.

2. Makam Sunan Giri – Kabupaten Gresik

Makam walisongo lainnya, yaitu Sunan Giri atau  Muhammad Ainul Yakin, masih berada di daerah Gresik. Tepatnya berada di sebuah bukit di Desa Giri, Kecamatan Kebomas. Ia adalah sosok yang mendirikan Kerajaan Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa.

Meski hanya berkedudukan di daerah Gresik, pengaruh sebaran ajaran Islam dari kerajaan ini bahkan sampai ke beberapa wilayah lain di luar Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Nusa Tenggara Barat.

3. Makam Sunan Bonang – Kabupaten Tuban

Sedikit bergeser ke arah barat, tepatnya di Kabupaten Tuban, terdapat makam wali songo bernama Sunan Bonang atau Maulana Makdum Ibrahim yang lokasinya tak jauh dari alun-alun. Secara silsilah, ia merupakan putra dari Sunan Ampel dan cucu Sunan Gresik. Ia adalah wali yang terkenal dengan dakwahnya melalui karya seni.

Sunan Bonang kerap menyebarkan ajaran Islam melalui musik gamelan kepada masyarakat. Hasilnya, bisa dibilang cukup baik karena hal tesebut membuat orang-orang Jawa pada masa itu mudah menerima pesan dakwahnya. 

4. Makam Sunan Ampel – Kota Surabaya

Makam Sunan Ampel atau Ahmad Rahmatillah yang berada di Kota Surabaya ini merupakan salah satu makam wali songo yang sangat terkenal. Kepopulerannya bahkan tidak hanya di dalam negeri, tetapi sampai ke luar negeri. Banyak wisatawan mancanegara yang kerap mengunjungi tempat tersebut, seperti dari Cina, Italia, Prancis, Arab Saudi, dan lainnya.

Kompleks pemakamannya pun dibangun dengan sangat megah. Terdapat lima gapura paduraksa menjulang tinggi di depan makam yang membuat penampilan kawasan ini tampak semakin elite. Jika penasaran, kamu bisa datang ke daerah Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, untuk menyaksikannya secara langsung.

5. Makam Sunan Drajat – Kabupaten Lamongan

Tempat makam wali songo selanjutnya berada di Lamongan. Ini adalah makam Sunan Drajat atau yang memiliki nama kecil sebagai Raden Qasim. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Drajat yang berada di Desa Drajat, Kecamatan Paciran.

Sunan Drajat adalah wali yang terkenal dengan tujuh ajaran dasarnya atau Pepali Pitu. Di samping itu, ia juga berdakwah melalui seni budaya dengan menyelenggarakan pertunjukkan wayang. Saat ini, di kompleks Makam Sunan Drajat terdapat museum yang menyimpan koleksi barang-barang yang pernah dipakai beliau untuk berdakwah.

6. Makam Sunan Muria – Kabupaten Kudus

Beralih ke wilayah Jawa Tengah, tepatnya ke Kabupaten Kudus, kita bisa berkunjung ke Makam Sunan Muria di dalam kompleks Masjid Sunan Muria yang berada di puncak Gunung Muria, Desa Colo, Kecamatan Gawe. Kita perlu melewati jalan setapak untuk dapat mencapai lokasi makam wali songo ini.

Keberadaan masjid di puncak gunung ini pun bukan tanpa alasan. Masjid Sunan Muria adalah masjid yang dibangun oleh Sunan Muria pada sekitar abad 15 hingga 16 Masehi. Saat itu, Sunan Muria memang banyak berdakwah kepada masyarakat di sekitar kaki gunung. Di sana, ia bahkan sempat mendirikan sebuah pesantren.

7. Makam Sunan Kudus – Kabupaten Kudus

Masih di daerah Kudus, terdapat makam wali songo lainnya. Ya, itu adalah Makam Sunan Kudus atau Ja’far Shodiq yang berada di dalam kompleks Masjid Menara Kudus. Masjid ini unik karena bentuk bangunannya menyerupai candi-candi umat Hindu yang memiliki menara bersusun tinggi.

Saat ini, masjid di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota ini tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah maupun berziarah. Lokasinya yang strategis pun membuat Masjid Menara sangat mudah ditemukan jika kita berada di daerah Kudus.

8. Makam Sunan Kalijaga – Kabupaten Demak

Dari Kudus, kita bergeser sedikit ke arah selatan, tepatnya ke Kabupaten Demak. Di sini ada Makam Sunan Kalijaga atau Raden Mas Said yang keberadaannya sudah sangat familier di kalangan masyarakat.

Makam wali songo ini terletak di Kadilangu, Demak, dan berada di dalam kompleks Masjid Kadilangu. Masjid ini merupakan peninggalan Sunan Kalijaga yang dibangun dengan konsep bangunan joglo dengan atap tumpang tiga sesuai tipe bangunan pada masa itu.

Dalam sejarahnya, Sunan Kalijaga disebut memiliki usia yang cukup panjang, hingga lebih dari 100 tahun. Ia juga memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam tradisi budaya Jawa sebagai pendekatan dalam pelaksanaan dakwahnya.

9. Makam Sunan Gunung Djati – Kabupaten Cirebon

Terakhir, satu-satunya makam wali songo yang berada di wilayah Jawa Barat. Inilah Makam Sunan Gunung Djati atau Syarif Hidayatullah yang merupakan ulama masyhur penyebar ajaran Islam di Tanah Sunda. Lokasinya berada di kompleks alun-alun Makam Sunan Gunung Djati di Kecamatan Gunung Djati, Kabupaten Cirebon.

Sunan Gunung Djati sendiri merupakan wali yang menerapkan berbagai metode untuk pelaksanaan dakwah Islamnya. Mulai dari jalur budaya, perdagangan, politik, pendidikan, hingga pernikahan.

Baca juga: 9 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini

Itulah daftar destinasi wisata ziarah di makam para ulama yang berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam di Jawa. Jika kamu masih penasaran dengan kehidupan para wali songo, aplikasi Noice sebagai rumah konten audio Indonesia menyediakan audiobook Wali Berandal Tanah Jawa yang bisa kamu dengarkan.

Temukan juga banyak konten audio lainnya, mulai dari podcast, audiobook, hingga radio online yang bisa kamu dengarkan secara gratis di web player Noice!