Manfaat Meditasi – Hidup di era digital seperti sekarang memang membuat kita rentan terhadap berbagai masalah pikiran. Oleh sebab itu, kita butuh suatu alternatif yang bisa membuat hidup menjadi lebih tenang. Dan meditasi adalah jawabannya. Berbagai manfaat meditasi diyakini mampu mengatasi berbagai masalah pikiran, mulai dari stres hingga depresi.

Baca juga: Mengenal Mindfulness: Konsep, Definisi & Cara Menerapkannya

Apa Itu Meditasi?

Terkait meditasi, kamu mungkin sudah cukup familier dengan istilah ini. Namun, apakah kamu sudah benar-benar memahaminya? Jika belum, mari kita ulas tentang pengertian meditasi.

Menurut situs Healthline.com, meditasi merupakan suatu proses yang bisa dilakukan untuk melatih pikiran agar bisa fokus dan terarah. Selanjutnya, Nytimes.com menambahkan bahwa meditasi merupakan suatu aktivitas yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja guna meningkatkan ketenangan, kebahagiaan, juga kejernihan pikiran.

Manfaat Meditasi

Berikut ini adalah berapa manfaat yang bisa diperoleh dengan rajin melakukan meditasi. Tidak hanya berguna untuk mencegah stres, tetapi meditasi juga berguna untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga secara umum dan menyeluruh.

1. Kendalikan Emosi

Kalau kamu sering kesulitan mengendalikan emosi, cobalah untuk melakukan meditasi. Kegiatan ini dipercaya mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang, merasa bahagia, juga senantiasa berpikiran positif.

Jika sudah demikian, emosi pun akan lebih mudah untuk dikendalikan. Maksudnya, dalam menghadapi berbagai macam situasi, kita akan mampu mengontrol emosi. Sebagai contoh, saat dihina, kita tidak akan langsung terpancing amarah. Begitu pun saat melihat kejadian yang mengharukan, kita tidak akan mudah larut dalam kesedihan.

2. Atasi Gangguan Kecemasan hingga Depresi

Manfaat meditasi berikutnya adalah untuk mengatasi gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan hingga depresi. Informasi ini bukan sekadar asumsi, melainkan berdasar pada beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan para ahli.

Melansir Healthline.com,  sebuah penelitian yang melibatkan 1.300 responden menunjukkan bahwa kegiatan meditasi bisa mengurangi kecemasan. Penelitian lainnya pun memberikan hasil senada, seperti sebuah studi yang melaporkan bahwa usai melakukan meditasi selama beberapa pekan, kondisi seseorang yang sedang depresi menjadi lebih baik.

3. Jaga Kesehatan Jantung 

Mungkin belum banyak yang tahu jika manfaat meditasi tidak hanya berguna untuk mengatasi masalah pikiran, tetapi juga menjaga kesehatan organ vital manusia, salah satunya jantung. Hal ini tidak lepas dari banyaknya permasalahan pada jantung yang disebabkan oleh kondisi mental, seperti stres.

Umumnya, ketika seseorang mengalami stres parah, tekanan darahnya pun akan meningkat. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja jantung menjadi lebih berat. Alhasil, jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung hingga stroke.

Oleh sebab itu, kegiatan meditasi bisa dilakukan guna meredakan gejala stres, sehingga tidak akan membuat jantung bekerja secara lebih keras.

4. Minimalisir Nyeri 

Nyeri pada tubuh memang bukan kondisi yang menyenangkan. Rasanya begitu tidak nyaman, seperti ditusuk-tusuk dengan sesuatu. Nah, kalau kamu sering mengalami permasalahan seperti ini, kamu bisa mencoba meditasi dengan metode mindfulness untuk mengatasinya.

Cara melakukan meditasi dengan metode tersebut pada dasarnya sama dengan pelaksanaan meditasi-meditasi lainnya. Namun, manfaatnya sungguh luar biasa. Selain mampu meminimalisir rasa nyeri pada tubuh yang sehat, juga berguna untuk meredakan nyeri pada penderita penyakit kanker.

5. Perkuat Imun Tubuh 

Meditasi adalah kegiatan yang cukup ‘ajaib’. Meski dilakukan dengan cara memfokuskan pikiran, tetapi dampaknya bisa ke seluruh bagian tubuh. Termasuk untuk memperkuat imun atau sistem kekebalan tubuh.

Manfaat meditasi ini diperoleh dari ketenangan pikiran setelah melaksanakan praktik meditasi. Biasanya, jika pikiran sudah tenang dan nyaman, maka imun tubuh pun akan kembali meningkat.

Untuk hasil yang lebih baik dalam upaya memperkuat imun tubuh ini, kegiatan meditasi bisa diiringi dengan gaya hidup yang sehat, seperti selalu mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok,  juga beristirahat secara cukup, dan hal-hal lainnya.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Siapa nih yang pikirannya mudah buyar alias tidak bisa fokus? Pasti kamu punya masalah dengan daya konsentrasi, kan? Jangan khawatir, ada solusi ampuh untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan melakukan meditasi.

Lewat meditasi, kita bisa melatih fokus pikiran sedikit demi sedikit. Sehingga, jika aktivitas ini dilakukan secara rutin dan konsisten, tingkat fokus kita akan menjadi lebih baik. Jika sudah demikian, artinya manfaat meditasi sudah diraih. Kemampuan berkonsentrasi meningkat, hingga gangguan-gangguan kecil tidak akan bisa mengalihkan pikiran kita.

7. Cegah Tekanan Darah Tinggi 

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi yang kerap dialami orang-orang lanjut usia. Meski begitu, hal ini juga bisa menimpa anak muda. Maka dari itu, kita perlu menjaga diri agar terhindar dari kondisi tersebut, salah satunya dengan rutin melakukan meditasi.

Sebuah penelitian yang melibatkan 996 responden mengungkapkan bahwa kegiatan meditasi sederhana dengan cara mengulang-ulang suatu kata di dalam hati, berhasil menurunkan tekanan darah setelah dilakukan secara rutin.

Cara Melakukan Meditasi

Cara meditasi yang benar sesungguhnya bisa dilakukan dengan mudah. Tidak memerlukan peralatan khusus, tetapi membutuhkan kesiapan mental dan pikiran. Nah, kalau ingin mencoba kegiatan terapi ini, kamu bisa mulai dari metode atau jenis meditasi yang paling sederhana, yaitu mindfulness atau meditasi terfokus.

Mula-mula, pilihlah tempat yang nyaman. Meski bisa dilakukan di mana saja, tetapi meditasi akan lebih efektif jika dilakukan di tempat yang nyaman. Setelah itu, duduklah dengan posisi bersila dan atur napas dengan baik. Oh ya, kamu juga bisa memutar musik yang menanangkan agar membuatmu merasa tenang dan nyaman.

Jika sudah, pejamkan mata dan mulai pusatkan pikiran terhadap sesuatu sembari tetap mengatur napas. Misalnya, fokus pada gemercik air atau suara musik yang telah disiapkan. Lakukan hal ini selama beberapa saat, tetapi jangan sampai ketiduran jika ingin mendapat manfaat meditasi secara maksimal.

Sementara itu, cara melaksanakan jenis meditasi lain juga tidak terlalu berbeda, tinggal menyesuaikan fokus. Cara meditasi spiritual misalnya, kita harus memusatkan pikiran pada pemahaman makna spiritual. Sehingga, akan lebih efektif jika dilakukan di tempat-tempat yang dianggap ‘sakral’ sesuai keyakinan spiritual masing-masing.

Baca juga: Rekomendasi Podcast Kesehatan Mental Terbaik di Noice

Cara-cara meditasi lainnya beserta pembahasan manfaat meditasi secara lebih lengkap bisa kamu simak di audiobook berjudul Into the Magic Shop yang ada di Noice, aplikasi konten audio Indonesia. Temukan juga ragam konten audio guided meditation yang bisa kamu dengarkan secara gratis di Noice. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di PlayStore maupun AppStore. Yuk, unduh Noice, dan temukan berbagai keseruan di rumah konten audio Indonesia tersebut!