Wisata Pantai Jogja – Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan membuat Daerah Istimewa Jogjakarta memiliki gugusan pantai menawan dengan pesonanya masing-masing. Tidak heran apabila wisata pantai Jogja jadi salah satu destinasi favorit ketika berkunjung ke kawasan ini. 

Jika berkesempatan mengunjungi Jogja, berikut 10 rekomendasi wisata pantai di Jogja yang harus kamu kunjungi.

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Makanan Khas Jawa Ini Juga Sarat Makna

Wisata Pantai Jogja

1. Parangtritis

Wisata Pantai Jogja- Pantai parangtritis - Wikipedia
Pantai parangtritis | Sumber: Wikipedia

Dibanding pantai lain, popularitas Parangtritis memang tidak bisa dibandingkan. Pantai ini seolah sudah menjadi ikon Jogjakarta dan akan sangat sayang sekali jika kita tidak sempat berkunjung ke sini. Garis pantai yang cukup panjang membuat Parangtritis terbagi menjadi beberapa bagian.

Di setiap bagian ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari menunggangi kuda atau naik delman menyusuri pantai, bermain ATV, hingga mencoba paralayang di atas deburan ombak pantai selatan. Untuk masuk ke tempat wisata ini, kita hanya akan ditarik kontribusi sebesar Rp10.000.

2. Parangkusumo

Wisata Pantai Jogja- Pantai Parangkusumo - Wikipedia
Pantai Parangkusumo | Sumber: Wikipedia

Wisata Pantai Jogja yang tidak kalah populer lainnya adalah Parangkusumo. Daya tarik tempat ini ada pada Gumuk Pasir atau gundukan pasir dengan ketinggian antara 4 hingga 5 meter. Keberadaan gundukan pasir ini membuat pantai seperti gurun pasir yang biasa kita lihat di film-film Timur Tengah.

Di sini wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seru mulai dari sandboarding, jelajah ATV, hingga sekadar bersantai menikmati angin pantai laut selatan yang sejuk. Tiket masuk ke Pantai Parangkusumo dibanderol sekitar Rp5.000 belum termasuk biaya parkir atau sewa ATV.

3. Pantai Depok

Sebagian besar wilayah Pantai Depok memang sudah dikomersialkan. Jadi, di tempat ini kita akan menemukan banyak aktivitas menarik. Kamu bisa berburu foto, bermain aneka wahana air, hingga menyantap aneka kuliner lezat khas pesisir. Terletak di Bantul, harga tiket masuk ke pantai ini dibanderol sekitar Rp10.000.

Pantai Depok sendiri termasuk salah satu wisata pantai Jogja recommended. Tidak heran apabila ketika musim liburan atau akhir pekan banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai ini. 

4. Pantai Goa Cemara

Wisata Pantai Jogja- Pantai Goa Cemara - Wikipedia
Pantai Goa Cemara | Sumber: Wikipedia

Berbeda dengan kebanyakan pantai cantik di Jogja, Goa Cemara berlokasi di daerah Bantul, sekitar 7 km dari kawasan Pantai Parangtritis. Seperti namanya, di sini kita akan menemukan deretan pohon cemara yang saling tertaut sehingga berbentuk seperti sebuah goa.

Keberadaan pohon cemara ini membuat kawasan pantai terasa sejuk. Selain itu, kamu bisa melakukan aneka aktivitas seru, seperti bermain ATV, berburu foto, dan mengunjungi bangunan mercusuar yang ada di dekat pantai saat berkunjung ke Goa Cemara. 

5. Pantai Indrayanti

Terletak di Gunung Kidul, Pantai Indrayanti menawarkan bentang alam menawan lengkap dengan pasir putih dan air laut yang bersih. Pantai ini dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas modern untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan, mulai dari penginapan, tempat makan dengan view menarik, hingga penyewaan jetski bisa kita temukan di sini.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata pantai Jogja ini, kita akan ditarik biaya tiket sebesar Rp10.000. Mengingat pemandangan dan bentang alam alam yang ditawarkan cukup indah, harga tersebut tentu sangat sepadan bahkan melebihi ekspektasi.

6. Pantai Sundak

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata ini adalah ketika air laut sedang surut. Pada saat itu, ada banyak sekali hewan pantai mungil berkeliaran termasuk kepiting. Saat surut, kita juga bisa bermain dengan tenang di pinggir pantai bahkan berenang sebab ombak Sundak cukup tenang.

Selain aktivitas tersebut, kamu juga bisa menikmati aneka kuliner lezat di tempat makan yang ada di kawasan Pantai Sundak. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah, yaitu Rp5.000 belum termasuk biaya parkirnya.

7. Pantai Sadranan

Sadranan dikenal sebagai salah satu wisata pantai Jogja dengan alam bawah laut yang luar biasa indah. Air jernih dan pasir putih di pantai ini akan membuat kita lupa sejenak bahwa sedang berada di Pulau Jawa. Keindahan alam Sadranan dan suasananya membuat banyak sekali aktivitas menarik disediakan di sini.

Kamu bisa mencoba snorkeling, bermain jetski, surfing, atau bahkan sekadar bersantai di pinggir pantai dan menikmati pemandangan air laut jernih khas Sadranan. Tiket masuk ke kawasan ini dibanderol sekitar Rp10.000. Harga tiket cukup murah mengingat untuk melakukan aneka aktivitas di atas, kita masih harus membayar biaya sewa alat.

8. Pantai Baron

Pesona Pantai Baron ada pada dua bukit besar yang ada di pantai ini. Selain itu, Baron merupakan daerah hilir yang mempertemukan air laut dan air tawar. Di sini kita akan melihat jajaran perahu nelayan cantik dan suasana pantai yang khas. Kamu bisa berfoto atau berenang di Pantai Baron.

Ya, Baron merupakan salah satu wisata pantai Jogja di kawasan pesisir selatan yang cukup aman karena ombaknya sangat tenang. Berenang di kawasan ini tentu akan menjadi sensasi tersendiri dan pengalaman menarik yang sulit untuk dilupakan.

9. Pantai Nguluran

Ombak besar dan air biru kehijauan merupakan daya tarik utama pantai Nguluran yang berlokasi di Girikarto, Gunung Kidul, Jogjakarta. Tidak heran jika pengelola pantai ini membangun sebuah jembatan kaca yang berdiri kokoh menjorok ke pantai dan menjadi salah satu spot foto populer.

Selain bisa menikmati alam Pantai Nguluran dari jembatan kaca ini, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang tebing-tebing cantik yang menawan. Untuk masuk ke kawasan pantai di Jogja ini, kita perlu mengeluarkan dana sekitar Rp10.000.

10. Pantai Drini

Panorama pantai ini sekilas akan mengingatkan kita pada kawasan pantai di Bali. Barisan tebing kokoh menjadi daya tarik Pantai Drini dan menambah keindahan alam pantai yang berlokasi di kawasan Gunung Kidul tersebut. Tidak hanya itu, tidak jauh dari garis pantai terdapat pulau kecil yang membuat tempat ini seolah-olah memiliki dua pantai.

Aktivitas terbaik untuk dilakukan di Pantai Drini adalah berfoto dan bermain pasir. Panorama pesisir yang menawan dan suasana Drini yang khas membuat gambar apa pun yang diambil di sini terlihat estetik sekaligus cantik. 

Baca juga: Mitos Jawa yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini

Kalau kamu tertarik untuk mendengarkan cerita dan diskusi seputar kehidupan di Jogjakarta, coba cek podcast Cerita Kampung Halaman di Noice. Untuk pengalaman streaming yang lebih praktis, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Noice melalui Play Store atau App Store.

Nggak cuma podcast, kamu juga bisa menemukan berbagai topik seru lainnya dalam format yang beragam, seperti audioseries, audiobook, dan radio online. Yuk, cek Noice sekarang juga!

Cerita Kampung Halaman

Yusril Fahriza, Mukti Entut