Tips & Cara Mengatasi Depresi – Depresi pada dasarnya merupakan penyakit mental yang melibatkan gangguan suasana hati dan ditandai dengan perasaan diri, mudah putus asa, dan merasa tidak berharga. Hal ini tentu saja berpengaruh pada fungsi sebagai manusia. Mereka yang mengalami masalah mental akan kehilangan minat dan gairah terhadap segala sesuatu.

Baca juga: Mengenal Mindfulness: Teknik Melawan Depresi Efektif untuk Remaja

Kenali Gejala Depresi

Seperti penyakit lainnya, masalah mental ini juga menunjukkan beberapa gejala yang bisa dilihat secara kasat mata dan dirasakan. Inilah mengapa ciri-ciri depresi bisa dilihat dari dua aspek yaitu psikologi dan fisik. Secara psikologi, penyakit mental ini bisa dikenali melalui beberapa gejala yaitu:

  • Sering merasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri
  • Merasa putus asa, rendah diri, tidak berharga, dan memiliki self esteem rendah
  • Selalu cemas dan khawatir
  • Selalu mengalami suasana hati yang buruk dan sedih berlarut-larut
  • Mudah marah atau sensitif
  • Sulit berkonsentrasi, berpikir, dan mengambil keputusan
  • Cenderung apatis terhadap sekitar dan lingkungan
  • Tidak memiliki motivasi
  • Timbul ide untuk menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri

Sementara itu secara fisik, gejala penyakit mental ini dapat dikenali melalui beberapa gejala seperti:

  • Mudah lelah dan kurang bertenaga
  • Selera makan menurun atau bahkan tidak memiliki selera
  • Insomnia atau bahkan terlalu banyak tidur
  • Mengalami pusing dan nyeri tanpa sebab
  • Gerak tubuh lebih lambat
  • Tidak memiliki gairah seksual
  • Berat badan turun atau bahkan naik secara drastis

Gejala depresi di atas merupakan gejala umum. Artinya, tidak semua orang yang sedang mengalami masalah mental ini menunjukkan gejala tertentu karena tingkat kondisi mental yang dihadapi juga berbeda. Pada kondisi ringan, penderita biasanya mengalami masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan menjalin hubungan sosial.

Sementara itu pada kondisi berat, penyakit mental ini akan membuat penderita benar-benar tidak bisa membina hubungan sosial dengan orang lain dan melakukan aktivitas sehari-hari. Satu-satunya hal yang bisa mereka lakukan adalah menyalahkan dan menyakiti diri sendiri.

Tips Mengatasi Depresi

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mental ini selain melakukan terapi pengobatan medis. Sebagai referensi, berikut ulasan tentang beberapa cara mengatasi depresi:

1. Jangan Sendirian

Ketika mengalami depresi, jangan pernah sendirian. Cobalah untuk berada di tempat yang ramai sehingga fokus kita beralih ke banyak hal. Jika merasa kurang berminat untuk keluar rumah, ajak teman atau keluarga untuk selalu menemani. Ngobrol dan bertukar pikiran dengan orang lain tidak hanya dapat mengalihkan fokus dari hal-hal negatif, tetapi juga bisa membuka perspektif baru.

Selain menemani, tujuan lain dari tips ini adalah meminimalisasi risiko menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri. Seperti yang sempat diulas di atas, salah satu gejala psikologi pada penyakit mental ini adalah keinginan untuk menyakiti diri sendiri. Jadi sebisa mungkin, jangan pernah sendirian apalagi dalam jangka waktu lama saat mengalami depresi.

2. Tekuni Hobi

Selain bertukar pikiran dengan orang lain, menekuni hobi bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengatasi depresi. Kamu bisa melanjutkan lagi hobi lamamu atau memulai hobi baru. Tidak hanya membuat kita memiliki aktivitas menyenangkan, menekuni hobi juga bisa membuat pikiran teralihkan dari hal-hal negatif.

Beberapa jenis hobi yang bisa ditekuni adalah berkebun, membersihkan rumah, membaca buku, bermain musik, melukis atau menggambar, memasak, dah hobi ringan lainnya. Sebaiknya hindari hobi yang memiliki tekanan cukup tinggi seperti bermain game atau bermain arcade.

3. Mulai Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tetapi psikis. Apalagi jika olahraga yang dilakukan memiliki manfaat banyak untuk kesehatan pikiran seperti Yoga. Tidak hanya membuat kita disibukkan dengan aktivitas baru, olahraga juga akan membantu membuat pikiran lebih terbuka dan terhindar dari depresi.

Sebaiknya lakukan kegiatan olahraga di pagi hari saat udara segar ada di sekitar, atau malam hari ketika suasana mulai sepi. Udara segar dan suasana tenang akan sangat membantu dalam mengubah pola pikir dan menjernihkan otak sehingga secara perlahan depresi dapat diatasi.

4. Makan dan Tidur Cukup

Mengingat saat mengalami depresi seseorang akan mengalami gangguan makan dan tidur, maka cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan makan dan tidur yang cukup. Meskipun mungkin terasa berat, cobalah paksa diri sendiri untuk makan dan memenuhi isi perut.

Perut yang terisi akan membuat pikiran lebih tenang dan kondisi tubuh semakin fit. Jadi ketika merasa banyak hal yang terjadi di pikiran, kita tidak sampai memikirkan hal-hal negatif atau mengecewakan. Begitu pula ketika kita mendapatkan tidur yang cukup.

Otak akan berfungsi secara maksimal dan lebih terbuka terhadap segala sesuatu yang positif. Inilah mengapa sebisa mungkin, makan dan tidur yang cukup ketika depresi menyerang.

5. Buat Jurnal bersyukur

Satu lagi tips & cara mengatasi depresi yang bisa kamu coba adalah dengan membuat jurnal bersyukur. Pembuatan jurnal bersyukur akan memudahkan proses mindfulness dan membuat pola pikir kita berubah. Saat mengalami depresi, kita cenderung berpikir negatif dan menyalahkan semua hal. Dengan menulis jurnal bersyukur, pikiran akan lebih fokus pada hal-hal positif.

Tidak hanya itu, jurnal bersyukur juga akan membuat kita bisa menerima kondisi diri sendiri secara lapang dada. Untuk menulis jurnal bersyukur, kita tidak perlu menuliskan hal-hal besar dalam hidup. Mulailah dengan hal-hal sepele seperti “saya bersyukur karena hari ini masih bisa menikmati semangkuk mi instan,” atau “saya bersyukur hari ini bisa merasakan hangatnya matahari pagi di teras.”

6. Cari Bantuan Profesional

Tips & cara mengatasi depresi yang tak kalah penting adalah mencari bantuan dan berkonsultasi dengan profesional. Berkonsultasi dengan psikolog atau pskiater akan membantu mu mengatasi permasalahan dan keluh kesah mu, dan bila perlu, memberikan mu obat-obatan untuk menangani depresi mu.

Baca juga: Kenali Self Harm dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi depresi lainnya juga bisa dibaca di buku Merawat Luka Batin. Untuk yang hobi mendengarkan audiobook, buku ini juga hadir di aplikasi Noice yang bisa diunduh melalui PlayStore atau App Store. Selain aplikasi, audiobook Merawat Luka Batin juga dapat didengarkan melalui web player konten audio Indonesia

Pada audiobook tersebut, kita bisa mendengarkan banyak hal menarik tentang depresi dan mengapa penyakit ini bukan sesuatu yang harus dihindari. Penasaran, dengarkan versi lengkap Merawat Luka Batin di sini, ya. Selamat mendengarkan.

Noicebook Merawat Luka Batin