Cerita Horor Kisah Nyata – Kalau kamu sering menonton film, baca novel atau mendengarkan podcast horor, kamu pasti tahu bahwa Indonesia punya banyak sekali kisah-kisah mistis. Cerita-cerita ini ada yang berasal dari legenda yang diceritakan dari generasi ke generasi berikutnya. Ada juga yang terkenal baru-baru ini karena viral.

Tidak hanya itu, setiap daerah di Indonesia biasanya punya sosok atau cerita horor tersendiri. Saking populernya, beberapa cerita mistis dari daerah bahkan sampai ada yang diangkat menjadi film. Ini membuktikan bahwa hal-hal berbau horor memang memiliki sisi menarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Mau tau cerita horor kisah nyata yang paling populer di Indonesia? Yuk simak 9 di antaranya berikut ini!

Baca juga: Terkenal Angker, Ini Dia Daftar Gunung Mistis di Indonesia

Cerita Horor Nyata Indonesia

1. Nyi Roro Kidul

Bagi penikmat kisah mistis, cerita Nyi Roro Kidul pasti sudah tidak asing lagi. Disebut-sebut sebagai ratu pantai selatan, kisah Nyi Roro Kidul sangat terkenal di kalangan warga Jawa. Versinya pun bermacam-macam. Salah satunya ada yang mengatakan bahwa ia adalah Putri Kandita, putri dari Raja Siliwangi.

Karena sang putri tak disukai oleh saudara-saudara serta para selir, dia konon dikutuk dengan penyakit kusta. Sang ayah pun dihasut untuk mengusir Putri Kandita. Inilah yang membuatnya kemudian melarikan diri ke laut selatan. Sampai sekarang, masyarakat percaya bahwa sang putri masih sering menampakkan diri dengan mengenakan baju hijau saat datang ke pantai.

2. Wewe Gombel

Cerita horor nyata Indonesia yang berikutnya adalah kisah wewe gombel. Cerita tentang seorang wanita yang bunuh diri setelah membunuh suaminya itu sudah terdengar cukup lama di Indonesia. Kisah ini bermula saat sang wanita yang tak bisa memberi keturunan, mendapati suaminya selingkuh. Wanita yang berasal dari daerah Gombel di Semarang ini pun membunuh suaminya. Gombel sendiri adalah daerah yang memiliki latar belakang mistis sebagai tempat pembunuhan di masa kolonial.

Wewe gombel biasanya muncul untuk menculik anak-anak menjelang maghrib. Anak-anak itu konon akan dibawa ke alam lain. Karena kisah wewe gombel inilah muncul kepercayaan di tengah-tengah masyarakat untuk tidak membiarkan anak-anak mereka keluar rumah saat menjelang maghrib karena khawatir akan dibawa oleh wewe gombel.

3. Si Manis Jembatan Ancol

Kalau kamu menghabiskan masa kecil di tahun 1990-an, cerita horor nyata tentang si Manis Jembatan Ancol pasti sudah tak asing lagi. Cerita tentang seorang wanita yang tewas di daerah Ancol ini sempat diangkat menjadi film dan serial televisi.

Ada beberapa versi kisah asli dari si Manis Jembatan Ancol. Ada yang mengatakan bahwa gadis itu adalah Maryam yang melarikan diri dan kemudian diperkosa lalu dibunuh di daerah Ancol. Maryam konon kabur dari rumah karena ia akan dipersunting oleh seorang saudagar kaya yang tidak dia sukai.

Cerita kedua mengatakan kalau si Manis Jembatan Ancol aslinya bernama Ariah. Sama seperti Maryam, Ariah juga akan dijodohkan dengan seorang pria kaya bernama Oey Tambahsia. Karena tak suka, Ariah pun mencoba kabur. Sayangnya, dia bertemu lagi dengan orang suruhan Oey dan akhirnya dibunuh dan dibuang di Ancol. 

Sampai saat ini, warga setempat mengaku masih sering melihat sosok gadis ini berdiri di atas Jembatan Ancol. Keberadaannya sering dikaitkan dengan peristiwa kecelakaan yang kerap terjadi di daerah itu.

4. Lampor

Selain kisah wewe gombel, lampor juga merupakan legenda mistik yang berhubungan dengan waktu maghrib. Cerita ini bermula dari Temanggung, Jawa Tengah. Masyarakat setempat percaya bahwa lampor adalah hantu yang membawa keranda terbang dan datang untuk menculik orang-orang. Kalau sudah diculik lampor, orang tersebut tidak akan bisa pulang lagi. Kalaupun berhasil kembali, biasanya mereka akan jadi gila atau linglung.

5. Keluarga Tak Kasat Mata

Cerita horor kisah nyata yang berkisah tentang seseorang bernama Genta ini viral setelah dituliskan lewat forum Kaskus. Tokoh utama menceritakan pengalamannya selama bekerja di sebuah kantor di Yogyakarta yang berada di sebuah rumah tua. Selama berada di rumah itu, Genta kerap menemui sosok-sosok mistis mulai dari nenek-nenek berkerudung sampai kuntilanak. Cerita yang sudah dibaca lebih dari 7 juta kali itu kemudian diterbitkan dalam bentuk buku.

6. KKN di Desa Penari

Sejak pertama kali diceritakan via akun Twitter @SimpleM81378523, cerita tentang KKN yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa di Desa Penari itu langsung viral. Diceritakan, tim KKN tersebut mengalami berbagai peristiwa misterius di luar akal sehat selama aktivitas KKN mereka di desa itu. Bahkan 2 di antara mereka menghilang.

Popularitas cerita KKN tersebut kemudian membuat sebuah rumah produksi MD Entertainment mengangkatnya ke dalam format film layar lebar. Sejak pertama kali ditayangkan pada bulan April 2022, film tersebut berhasil menyedot 9 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.

7. Melahirkan Dibantu Makhluk Halus

Cerita ini bermula saat ada seorang ibu hamil yang akan melahirkan. Dia lalu datang ke rumah sakit dan melahirkan dengan selamat. Keanehan mulai muncul ketika sang ibu keluar dari rumah sakit. Warga sekitar merasa heran, pasalnya rumah sakit tempat ibu tersebut melahirkan ternyata sudah sejak lama tutup. Meski begitu, sang ibu tetap yakin kalau dia memang datang ke rumah sakit asli karena di dalamnya ada dokter, perawat dan pasien lain.

8. Rumah Kentang

Rumah kentang adalah salah satu urban legend yang berasal dari Kota Bandung. Berada di Jalan Banda, ada sebuah rumah yang konon pernah jadi tempat peristiwa tewasnya seorang anak kecil yang masuk ke dalam kuali. Kuali itu, biasa dipakai untuk merebus kentang. Kisah tentang rumah kentang ini diangkat ke layar lebar pada tahun 2019.

9. Kuyang

Kuyang adalah sosok yang pada siang hari berbaur layaknya manusia biasa tapi saat malam tiba dia mampu melepaskan kepala dari tubuhnya menjadi sosok menyeramkan. Kisah kuyang sendiri berasal dari Kalimantan. Ketika kuyang melepaskan tubuhnya, kepalanya akan terbang bersama anggota tubuh seperti hati, usus dan jantungnya sambil diiringi cahaya merah seperti api dari belakang.

Baca juga: Daftar Cerita Urban Legend Indonesia Paling Terkenal

Kalau kamu suka mendengarkan cerita horor nyata Indonesia seperti ini, kamu bisa menemukan beragam kisah menarik lain bersama Podcast Tanah Jawa di Noice, rumah konten audio Indonesia. Unduh sekarang juga aplikasinya lewat Google Play atau App Store!

Blog Banner - Noice - Podcast Tanah Jawa