Daftar Urban legend IndonesiaUrban legend merupakan mitos yang berkembang di tengah masyarakat dan dipercaya sebagai kebenaran. Kisah urban legend biasanya diceritakan secara turun temurun dan disebarkan dari mulut ke mulut. Kebanyakan urban legend berkaitan dengan hal mistis yang membuat bulu kuduk meremang. Meskipun kisahnya tergolong menyeramkan, tak sedikit orang yang justru tertarik mengetahuinya. Nah, kalau kamu juga penasaran, berikut urban legend di Indonesia yang paling terkenal!

Baca juga: Daftar Cerita Horor Kisah Nyata di Indonesia

Cerita Urban Legend Indonesia

1. Hantu Jeruk Purut 

Dikenal sebagai hantu Jeruk Purut karena makhluk ini kerap menampakkan diri di sekitar Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Konon, ia bergentayangan karena belum menemukan lokasi makamnya. Menurut cerita yang beredar, hantu tersebut dulunya adalah seorang pastor yang dibunuh secara tragis di zaman penjajahan Belanda. 

Hingga kini arwah hantu Jeruk Purut masih bergentayangan. Ia selalu mengelilingi pemakaman tersebut sembari menenteng kepalanya. Dalam pencarian makam yang tak pernah ditemukan, Hantu Jeruk Purut  ditemani anjing hitam bermata merah. Kisah urban legend Indonesia ini pernah diangkat ke layar lebar dengan judul Hantu Jeruk Purut di tahun 2006.

2. Mr. Gepeng 

Kalau kamu anak generasi 90an, mungkin nama tokoh di urban legend Indonesia yang satu ini sudah sangat familier di telinga. Mister Gepeng merupakan cerita urban legend Indonesia yang pernah menjadi perbincangan hangat di tahun 90-an. Konon, Mr. Gepeng kerap muncul di sekolah maupun toilet gedung pencakar langit. Bahkan, kamu bisa memanggilnya melalui telepon.

Mr. Gepeng merupakan sosok pria bule kaya raya yang mengalami kecelakaan ketika berada di dalam lift. Tubuhnya terjepit hingga menyebabkan ia tewas di tempat dengan wajah hancur dan gepeng. Ada pula yang menyebut bahwa ia terlibat kecelakaan buldozer sehingga tubuhnya tak lagi berbentuk. Kondisi tersebut membuat siapa pun yang melihatnya merinding dan ketakutan. 

3. Terowongan Casablanca 

Urban legend Indonesia selanjutnya yang paling terkenal adalah Terowongan Casablanca. Sebelum dibangun terowongan, lokasi tersebut merupakan kuburan massal. Konon, setelah pembangunan selesai, sering terjadi kejadian aneh. Selain terasa lebih lembap, terdapat sosok kuntilanak merah yang menghuni dan kerap berkeliaran di sekitar terowongan. 

Belum diketahui pasti asal muasal kuntilanak tersebut. Namun, siapa pun yang melewati terowongan tersebut wajib membunyikan klakson tiga kali sebagai izin lewat. Apabila tidak membunyikan klakson, masyarakat sekitar percaya bahwa akan ada peristiwa buruk yang terjadi. Salah satunya adalah kecelakaan yang memang kerap terjadi di terowongan tersebut. Kepopuleran urban legend ini membuat Terowongan Casablanca diangkat menjadi sebuah film di tahun 2007.

4. Nenek Gayung 

Kisah mengenai Nenek Gayung sempat viral dan menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Konon, Nenek Gayung kerap muncul di pinggir jalan secara tiba-tiba dan mengagetkan pengendara yang melintas. Sosoknya yang misterius membuat siapa pun merasa ngeri.

Nenek Gayung berpenampilan layaknya nenek pada umumnya. Perawakannya tidak begitu tinggi. Kulitnya pucat, matanya sipit. Sebagian rambutnya telah beruban. Nenek gayung mengenakan kebaya berwarna hitam atau putih. Sesuai julukannya, ia selalu membawa gayung yang terbuat dari batok kelapa serta tikar untuk memandikan jenazah. Lantaran tak lekang oleh waktu, kisahnya diangkat ke layar lebar dengan Nenek Gayung di tahun 2012. 

5. Kolor Ijo 

Kolor Ijo merupakan kisah urban legend di Indonesia yang sempat viral di tahun 2003. Kala itu, Bekasi diguncang fenomena kasus rudapaksa di Kampung Cijengkol, Kecamatan Setu. Kabarnya sosok pelaku bukanlah manusia, melainkan siluman lelaki tinggi besar berbulu berkepala botak. Ia bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek hijau. 

Sosok yang disebut Kolor Ijo tersebut disinyalir muncul untuk menyempurnakan ilmu hitam. Ada pula yang menyebut bahwa Kolor Ijo termasuk hantu cabul yang bergentayangan untuk mengincar gadis dan melakukan rudapaksa. Meskipun banyak orang yang mempercayainya, sebagian besar masyarakat perkotaan justru menganggap kisah tersebut hanyalah mitos belaka.  

6. Si Manis Jembatan Ancol 

Kisah si Manis Jembatan Ancol merupakan urban legend Indonesia paling terkenal. Kisah ini telah ada sejak tahun 1800-an ketika Indonesia masih dikuasai penjajah. Dibandingkan urban legend Indonesia lainnya, kisah si Manis Jembatan Ancol memiliki banyak versi. Salah satunya adalah Mariam kabur dari pernikahan paksa dan tewas di Jembatan Ancol. Lantaran tak wajar, arwah Mariam gentayangan. Agar terbebas dari kesialan, siapa pun yang hendak melewati jembatan harus membunyikan klakson tiga kali. 

Versi lain menyebutkan bahwa si Manis Jembatan Ancol merupakan wanita bernama Ariah yang kisahnya terkenal di tahun 1817. Ariah yang juga dikenal dengan sebutan Mariam ini merupakan anak gadis dari Mak Emper. Ketika berusia 16 tahun, gadis berambut panjang ini hendak diperistri oleh juragan kaya. Lantaran menolak dijadikan selir, Mariam melarikan diri. Dalam pelariannya, ia bertemu juragan kaya di kawasan Bintang Mas (Ancol). 

Nahas, juragan tersebut dikenal sebagai pria hidung belang yang senang mengoleksi gadis muda. Mariah dijadikan target baru yang diburu oleh dua suruhan si juragan. Tak rela dirinya dijadikan mainan, Mariah melakukan perlawanan hingga dirinya tewas di area persawahan yang jaraknya sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Sejak saat itu, banyak orang yang melintas mengaku melihat penampakan gadis sederhana berkebaya hitam berbintik biru. Urban legend Indonesia ini pernah dijadikan sebagai sinetron dan film dengan judul sama. 

7. Suster Ngesot 

Urban legend Indonesia lain yang tak kalah populer adalah suster ngesot. Konon, hantu ini merupakan seorang suster yang tewas dibunuh setelah dirudapaksa oleh dokter jaga. Kakinya diamputasi dan dikubur di ruangan yang menjadi saksi bisu kebejatan pelaku. Akibat meninggal tak wajar, ia kerap menampakkan diri dengan cara berjalan mengesot.

Versi lain menyebutkan bahwa suster ngesot merupakan keturunan Belanda yang memiliki nama Norah. Ia menggunakan ilmu gaib untuk balas dendam dengan cara membunuh seluruh penghuni panti jompo. Lantaran aksinya diketahui masyarakat sekitar, Norah dipukuli hingga kakinya remuk dan hancur. Kisah suster ngesot ini pernah diangkat ke layar lebar di tahun 2007.

Baca juga:

Baca juga: Terkenal Akan Kisah Mistisnya, Ini Dia Daftar Gunung Paling Angker di Indonesia

Demikianlah sejumlah kisah urban legend Indonesia paling terkenal. Kalau kamu ingin mengetahui kisah mistis lainnya, jangan ragu dengarkan Noice. Sebelum menikmati konten seru podcast Tanah Jawa, install aplikasi Noice lebih dulu via AppStore atau PlayStore, atau kamu bisa langsung streaming di web player Noice sekarang juga!

Blog Banner - Noice - Podcast Tanah Jawa