Cerita Mistis Pendaki Gunung – Buat kamu yang pernah mendaki gunung, kamu pasti pernah mendengar atau mungkin mengalami sendiri kejadian-kejadian mistis yang di luar nalar. Hal semacam ini memang umum terjadi, mengingat gunung adalah tempat yang belum banyak terjamah. Terlebih di Indonesia, ada banyak gunung yang menyimpan cerita mistis tersendiri.

Cerita tentang penampakan dan aturan-aturan yang dilanggar oleh para pendaki biasanya akan menyebar dari mulut ke mulut. Cerita mistis semacam ini memang sebaiknya memberi kita pelajaran bahwa kita memang sebaiknya menghormati tradisi yang ada di mana pun kita berada. Termasuk saat sedang mendaki gunung.

Penasaran dengan beragam cerita mistis yang dialami oleh pendaki gunung di berbagai daerah di Indonesia? Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Baca juga: Dikenal Angker dan Seram, Ini Dia Deretan Gunung Mistis di Indonesia

Cerita Horor Pendaki Gunung di Indonesia

1. Cerita Mistis Pendakian Gunung Salak

Gunung Mistis di Indonesia - Gunung Salak - Noice
Gunung Salak | Sumber: Wikipedia

Bukan rahasia lagi jika Gunung Salak yang berada di Bogor termasuk salah satu gunung yang punya beragam cerita mistis pendaki gunung. Kisah keangkeran gunung ini tersebar dari mulut ke mulut. Saking seramnya, Gunung Salak bahkan dianggap sebagai gunung yang paling angker di Jawa Barat. Setiap tahunnya, selalu saja ada pendaki yang diberitakan hilang di gunung ini.

Kisah pendakian penuh dengan aroma mistis yang populer di Gunung Salak terjadi pada tahun 2007 silam. Saat itu, ada 13 orang pencinta alam yang memutuskan untuk mendaki gunung ini. Di dalam perjalanan, salah satu pemuda yang ikut pendakian mengaku ada sosok bayangan hitam yang melambai padanya.

Dia kemudian bertanya kepada teman satu timnya apakah ada yang melihat sosok serupa. Nyatanya, hanya dirinyalah yang melihat. Cuaca yang buruk akhir membuat mereka terpaksa membangun tenda lebih awal tepat sebelum hari menjadi gelap.

Pemuda yang melihat sosok hitam saat di perjalanan tadi ternyata tetap merasa tak nyaman meski sudah di dalam tenda. Dia lalu memutuskan keluar. Alangkah terkejutnya dia saat sampai di luar tenda sudah ada beberapa sosok berseragam tentara dengan wajah pucat yang mengelilingi tenda mereka. 

Dalam keadaan ketakutan, si pemuda perlahan mendengar lantunan ayat-ayat yang dibacakan dari bukit oleh suara seorang wanita yang tidak bisa ia lihat sosoknya. Bersamaan dengan suara itulah, akhirnya sang pemuda bisa merasa tenang lagi dan masuk ke dalam tenda.

2. Cerita Horor Pendakian Gunung Merbabu

Cerita Horor Pendaki Gunung - Gunung Merbabu - Wikipedia
Gunung Merbabu | Sumber: Wikipedia

Seperti gunung-gunung mistis lain di Indonesia, cerita horor pendakian di Gunung Merbabu cukup banyak. Salah satunya adalah tentang anak-anak hutan yang kerap ditemukan berlarian di Jembatan Setan. Jembatan Setan sendiri merupakan salah satu jalur pendakian yang ekstrem di Merbabu. Jalur ini berbatasan langsung dengan pinggiran tebing.

Beberapa pendaki mengaku bertemu langsung dengan anak-anak hutan yang merupakan sosok gaib tersebut. Salah satunya adalah Otniel, seorang karyawan yang bekerja di lembaga pemerintahan asal Semarang. Konon jika tidak berhati-hati, mereka kerap membuat para pendaki tersesat dalam perjalanan. Otniel mengaku bahwa dalam pendakiannya di tahun 2015, dia hampir menjadi korban anak-anak hutan ini. 

3. Cerita Angker Pendakian Gunung Slamet

Cerita Horor Pendaki Gunung - Gunung Slamet- Wikipedia
Gunung Slamet | Sumber: Wikipedia

Cerita tentang keberadaan desa gaib bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Desa gaib ini juga ternyata ada di Gunung Slamet. Gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa tersebut memang memiliki banyak cerita mistis yang kerap membuat bulu kuduk merinding.

Salah satu cerita itu bersumber dari seorang pendaki bernama Awe. Untuk merayakan kelulusan kuliah, Awe dan seorang temannya memutuskan untuk mendaki Gunung Slamet. Berangkat dari Bekasi dengan menggunakan bus, mereka pun tiba di tempat registrasi dan melakukan pendaftaran untuk mendaki bersama beberapa pendaki lain.

Awalnya, pendakian berjalan lancar. Salah satu pos yang dilewati oleh pendaki yakni Pos 4 Samarantu disebut-sebut sebagai gerbang menuju alam gaib. Meski sempat beristirahat di sana, kejadian mistis justru dialami Awe dalam perjalanan turun dari puncak, tepatnya saat mereka hendak menuju Basecamp Bambangan.

Di sana, Awe melihat seolah ada jalan bercabang dengan sebuah gerbang. Awe kemudian memilih salah satu jalan dengan bagian gerbang menyerupai kubah. Awalnya, rute yang dia lewati terasa sama, namun lama kelamaan mulai muncul kejanggalan. Mulai dari pertemuannya dengan dua wanita yang seperti sedang memilah beras, sampai saat Awe masuk ke sebuah pasar.

Di pasar yang ramai itu, tidak ada satu pun orang yang memedulikan Awe selain seorang pria berbaju lusuh. Awe kemudian diberi petunjuk jalan yang benar menuju ke Basecamp Bambangan. Dari sanalah Awe kemudian tersadar bahwa dirinya baru saja masuk ke desa gaib.

4. Cerita Mistis Pendakian Gunung Ungaran

Cerita Horor Pendaki Gunung - Gunung Ungaran - Wikipedia
Gunung Ungaran | Sumber: Wikipedia

Kisah mistis bertemu makhluk halus kerap dialami oleh pendaki yang datang ke Gunung Ungaran. Salah satunya dialami oleh seorang pria, sebut saja namanya Adi. Sesampainya di Pasar Jimbaran yang merupakan titik awal pendakian Ungaran, sama sekali tidak ada keanehan yang dirasakan oleh Adi. Jalan-jalan dan rumah-rumah semua terlihat normal sampai akhirnya Adi tiba di Basecamp Mawar.

Karena memang bukan musim pendakian, basecamp itu kosong. Adi kemudian memilih beristirahat di sebuah kursi panjang di depan sebuah warung yang sedang tutup. Belum lama terlelap, Adi merasakan ada orang yang menggoyang-goyangkan tubuhnya, hendak membangunkan. Saat membuka mata, Adi terkejut karena mendapati tak ada siapa pun di sekitarnya.

Tak sampai di situ, Adi yang tetap melanjutkan pendakian kembali bertemu dengan sosok yang muncul dari hutan pinus. Gangguan demi gangguan terus dirasakan oleh Adi sampai pendakian selesai. Bayangan, suara-suara hingga embusan napas di tengkuk bisa dirasakan oleh Adi berulang kali. 

5. Cerita Mistis Pendakian Gunung Semeru

Gunung Mistis di Indonesia - Gunung Semeru - Noice
Gunung Semeru | Sumber: Wikipedia

Sebagai salah satu gunung yang paling banyak didaki, Semeru memiliki banyak cerita mistis yang dialami para pendakinya. Salah satunya yang dialami oleh seorang pendaki bernama Fikri. Dia melakukan pendakian tahun 2019 bersama dengan 14 orang temannya. Dalam perjalanan, Fikri mengaku seperti ada orang yang menggandengnya melewati jembatan. Tapi saat dia melihat, tidak ada siapa-siapa di dekatnya.

Baca juga: Deretan Cerita Urban Legend Indonesia yang Mungkin Pernah Kamu Dengar

Beberapa cerita mistis pendaki gunung ini tentu hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak kisah yang ada. Masih banyak cerita-cerita menyeramkan yang dialami oleh pendaki-pendaki lainnya di berbagai daerah di Indonesia. Mau dengar kisah lain? Kamu bisa mencari tahu lebih banyak di Podcast Pendakian Horor via web player Noice. Unduh dulu aplikasi Noice di Google Play atau App Store biar acara dengerin podcast-mu makin seru!

Podcast Pendakian Horor - Noice