Investasi Bodong Kripto – Meski menawarkan keuntungan melimpah dengan cara yang mudah, dunia investasi kripto tidak selalu aman bagi investor. Banyak kasus investasi bodong dan skema penipuan yang ujung-ujungnya membuat para investor merugi dalam jumlah besar. Agar terhindar dari ancaman kerugian lewat investasi kripto, tujuh cara di bawah ini bisa kamu jadikan panduan. 

Baca juga: Tips & Panduan Memulai Investasi Sebagai Pemula

Investasi Bodong di Crypto

1. Ketahui Sejarah Kelamnya

Sebelum main kripto, ketahui sejarah kelamnya dan pelajari dunia mata uang kripto yang misterius. Ada yang iseng bermain kripto, ada yang sudah mulai berinvestasi kripto, dan ada pula yang masih sangsi akan mata uang ini sehingga masih memilih mata uang konvensional. 

Di tahun 2017, mata uang kripto atau mata uang virtual yang tidak dapat dipalsukan mendadak ramai dibicarakan oleh semua orang. Banyak yang mulai berinvestasi bitcoin dengan modal tak seberapa. Namun, meski terlihat menguntungkan dengan mudah, kasus investasi bodong di crypto ternyata sudah mengancam sejak awal mula kemunculan mata uang virtual tersebut. Inilah yang membuatmu harus selalu berhati-hati jika ingin memutuskan terjun ke dalam dunia investasi kripto.

2. Hindari Red Flag yang Mengancam

Investasi bodong memang menjadi bayang-bayang kelam dalam aktivitas finansial virtual yang melibatkan mata uang kripto. Meski demikian, ada red flag lain yang tidak kalah mengancam, yakni keserakahan dan ketakutan. Keduanya berhubungan dengan emosi internal di dalam diri manusia yang belum mengetahui cara mengatur keuangan, termasuk mereka yang sudah terlibat ke dalam bidang investasi ini.

Saat kamu memiliki uang dan memutuskan untuk menghabiskan semuanya dengan membeli barang baru atau berinvestasi kripto dengan risiko tinggi, itu adalah keserakahan. Sebaliknya, saat uang yang dimiliki menjadi sumber kekhawatiran akan merugi, itu menjadi bentuk ketakutan. Ketika kamu mulai berinvestasi dengan mata uang kripto, kedua emosi tersebut harus dapat dikendalikan dengan bijak dan pandai. 

3. Pahami Cara Penipuan yang Umum Dilakukan

Untuk menghindari jeratan kasus investasi bodong di crypto, kamu harus memperhatikan skema penipuan yang umum dilakukan. Berkacalah pada kisah yang terjadi di tahun 2014 ketika Dr. Ruja Ignatova memperkenalkan OneCoin sebagai mata uang virtual yang aman, modern, dan inovatif. Keuntungannya pun disebut-sebut dapat melebihi bitcoin yang saat itu bernilai 800 dolar per satu token. 

Namun, siapa sangka, di balik keuntungan yang ditawarkan, OneCoin ternyata merupakan salah satu bentuk scam atau penipuan yang umum ditemukan di dunia investasi bitcoin. Penipuan ini kerap melibatkan perusahaan yang bodong pula dengan skema Ponzi atau Multi Level Marketing (MLM) yang jelas-jelas tidak menguntungkan investornya. Jadi, jangan mudah tergoda dengan tawaran keuntungan yang besar jika investasimu ingin aman.

4. Carilah Pemain Kripto yang Bisa Dipercaya

Menghindari investasi bodong tidak selalu harus dilakukan seorang diri, tetapi juga perlu melibatkan orang-orang lain yang bisa dipercaya dalam investasi ini. Tak terhitung berapa banyaknya penipu berkedok pemain kripto yang menghilang secara tiba-tiba, meninggalkan korbannya di muara kerugian.

Oleh karena itu, jika kamu merasa perlu bergabung dengan investor lainnya, selalu pastikan bahwa mereka adalah investor yang aman dan tidak terlibat dengan skema penipuan mana pun. 

5. Pastikan Penyimpanan Mata Uang Kriptomu Aman

Penyimpanan kripto tidak selalu aman seperti yang kamu kira. Banyak investasi bodong bermula dari iming-iming penyimpanan terjamin seperti blockchain, tetapi sesungguhnya tidak aman sama sekali.

Karena hanya terhubung secara virtual tanpa ada bentuk nyata, penyimpanan mata uang kripto memang cukup sulit untuk dideteksi aman atau tidaknya. Meski demikian, kamu tetap bisa menyeleksi penyimpanan yang tepercaya dengan memastikan bahwa sistemnya melibatkan aktivitas transaksi yang transparan dan portalnya memiliki proteksi data serta audit investor yang terjamin dan dapat dibuktikan kebenarannya.  

6. Hati-Hati Gunakan Kripto Kecil

Kripto yang kecil bisa dimanipulasi agar memberikan keuntungan besar bagi beberapa orang selain investornya sendiri. Hal ini bisa ditandai dengan kemunculan mata uang kripto yang nilainya tidak seberapa dan justru mengarah pada kasus investasi bodong di crypto. Layaknya ikan-ikan kecil di suatu kolam yang besar, mata uang kripto bernilai kecil sebenarnya tidak akan terlihat menguntungkan, bahkan tidak berarti sama sekali. 

Namun, bagi sebagian orang—terutama pemain kripto pemula, kripto bernilai kecil cukup menggoda untuk dicoba. Jangan salah, ini yang seharusnya kamu waspadai. Meski lebih minim risiko, berinvestasi dengan menggunakan kripto kecil mungkin tidak akan memberimu keuntungan berarti karena nilainya tidak terdaftar dalam bursa kripto global. 

7. Bijak dalam Bermedia Sosial

Karena sama-sama berada di dunia virtual, investasi kripto dan media sosial bisa saling berhubungan satu sama lain. Investasi bodong yang dilakukan pun bisa menjadikan portal media sosial sebagai sarana promosi. Bagi pemain pemula, bermedia sosial dengan bijak adalah kunci untuk berhati-hati agar tidak terjerumus dalam investasi yang membuatmu merugi.

Ada suatu kasus yang melibatkan John McAfee dan cuitannya di media sosial yang problematik. Lewat akun Twitter yang dimilikinya, McAfee kerap membagikan prediksi tentang naik-turunnya nilai mata uang kripto yang berpengaruh pada manipulasi nilai tukar di pasar kripto yang sebenarnya. Akibat terlalu menggembar-gemborkan aktivitas kripto secara curang, nilai kripto yang ia prediksi anjlok dan membuatnya ditangkap dengan dakwaan penipuan virtual.

Baca juga: Ingin Jadi Entrepreneur? Kenali Penyebab Mengapa Bisnis Gagal dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kasus investasi bodong di crypto jika kamu ingin menjadi bagian dari komunitas investasi virtual terbesar di dunia saat ini. Kisah kelam kripto yang memberi pelajaran bagi penggunanya tersebut dibahas pula dalam Noicebook Crypto Wars karya Erica Stanford yang bisa kamu dengarkan setelah mengunduh web player Noice di PlayStore atau AppStore. Dengarkan pula berbagai podcast dan audiobook lainnya di Noice, rumah konten audio Indonesia yang akan memberimu inspirasi setiap hari dengan konten-konten mengibur dan mengedukasi.

Crypto Wars - Erica Stanford Noicebook
Crypto Wars – Erica Stanford Noicebook