Mengenal Kawasan Babarsari – Dari tawuran hingga perseteruan antar warga pendatang, daerah Babarsari di Sleman, Yogyakarta, sudah nggak asing dengan konflik dan insiden semacam ini. “Babarsari Gotham City” pun jadi julukan populer buat kawasan tersebut. Kenapa sih Babarsari sering jadi lokasi kerusuhan? Gimana sejarahnya? Baca rangkumannya di sini!

Baca juga: Rekomendasi Wisata Pantai di Jogjakarta

Sejarah Komunitas Pendatang di Babarsari 

Sebelum membahas kondisinya saat ini, kamu harus tahu sejarah Babarsari. Kawasan yang berlokasi di area Caturtunggal ini dulunya ternyata sebuah area pengungsian. Pada tahun 1965, wabah penyakit pes terjadi di daerah Wonosari di Gunung Kidul. Penduduk pun banyak yang mengungsi ke daerah lain untuk menghindarinya, salah satunya adalah Babarsari.

Sebelum kedatangan pengungsi Wonosari, Babarsari adalah wilayah serupa hutan yang penuh tanaman dan hewan liar. Ketika orang-orang Wonosari berdatangan, mereka membuka lahan dan mendirikan gubuk sederhana. Lama-kelamaan, populasi mereka bertambah dan daerah Babarsari semakin ramai.

Uniknya, ada dua cerita asal-usul nama Babarsari. Tergantung dengan siapa kamu bertanya, kamu mungkin akan mendapat jawaban berbeda: nama Babarsari diberikan sendiri oleh Sultan Hamengku Buwono IX, atau oleh mantan presiden Soeharto pada tahun 1972.

Asal-usul Julukan Babarsari Gotham City

Terus, kok bisa sih Babarsari mendapat julukan Gotham City?

Kamu yang mengenal Babarsari masa kini mungkin tahu bahwa area ini populer di kalangan pendatang. Selain dekat dengan beberapa universitas, Babarsari “hidup” dari keberadaan rumah kos, usaha kecil, warung, dan bahkan tempat hiburan seperti karaoke. Percampuran antara warga asli dan pendatang yang berbeda latar belakang membuat gesekan cukup sering terjadi.

Kerusuhan tahun 2012 dan 2018 di Babarsari

Seberapa sering? Pada tahun 2012 dan 2018, Babarsari masuk berita karena adanya bentrok antara warga setempat dan pendatang. Kedua bentrokan tersebut sebenarnya dipicu masalah beberapa orang saja, tetapi gesekan yang timbul akhirnya menyulut lebih banyak orang sehingga bentrokan terjadi.

Kerusuhan tahun 2020 Babarsari

Bentrokan bukan hanya terjadi antara warga asli dan pendatang. Pada tahun 2020, komunitas ojol (ojek online) bentrok dengan sekelompok debt collector. Sekali lagi, peristiwanya berakar dari perseteruan antara beberapa orang, yaitu tukang ojek yang dihadang oleh debt collector di jalan. Akan tetapi, peristiwa itu merembet menjadi kerusuhan setelah para tukang ojek mendatangi kantor debt collector.

Kerusuhan Babarsari Juli 2022

Akhirnya, kamu mungkin ingat peristiwa yang sempat viral pada bulan Juli 2022. Perseteruan di sebuah tempat karaoke akibat pengunjung yang tidak bayar berujung pada bentrok sesama warga. Selain orang-orang yang cedera, bentrokan tersebut merembet pada pembakaran toko mebel serta kerusakan beberapa motor dan ruko. Sialnya, karena reputasi Babarsari terlanjur buruk, kerusuhan tersebut jadi dianggap terjadi di sana, padahal tidak. Akibatnya, nama Babarsari ikut tercoreng.

Karena banyaknya peristiwa gesekan dan bentrokan serupa, Babarsari pun mendapat julukan Gotham City, meniru kota fiksional di komik dan film Batman yang penuh kejahatan. Malah, ada juga yang sengaja memelesetkan nama Babarsari menjadi “Barbarsari”.

Benarkah Babarsari Isinya Hanya Kerusuhan? 

Lantas, benarkah Babarsari hanya pantas terkenal sebagai tempat yang rawan kerusuhan?

Jangan salah, walaupun reputasinya cukup kelabu, Babarsari sebenarnya adalah sebuah area yang dinamis dan “hidup”. Di luar kerusuhan dan gesekan, warga setempat dan pendatang sebenarnya sudah terbiasa hidup berbaur. Ditambah lagi, banyak orang salah paham ketika mendengar berita kerusuhan di area dekat Babarsari. Karena reputasinya, Babarsari sering menjadi kambing hitam, padahal belum tentu kerusuhan tersebut terjadi di sana.

Contohnya adalah ketika peristiwa kerusuhan akibat konflik di tempat karaoke terjadi pada awal tahun 2022. Nama Babarsari ikut terseret akibat peristiwa tersebut. Akibatnya, orang luar jadi semakin punya pandangan negatif. Padahal, Babarsari adalah daerah dengan potensi ekonomi kerakyatan yang besar.

Babarsari adalah area yang dekat dengan kampus seperti Universitas Atmajaya, Universitas Proklamasi 45, dan Akademi Komunikasi Yogyakarta. Karena banyak rumah kos dan asrama mahasiswa, daerah tersebut pun menjadi hidup karena banyak orang membuka usaha. Kamu bisa menemukan apa saja di sana, mulai dari toko alat tulis, tempat fotokopi, laundry kiloan, restoran dan warung, minimarket, hingga bengkel. 

Babarsari juga bagian dari pusat perputaran uang di Yogya, lho! Karena banyaknya universitas dan sekolah yang berlokasi di Sleman, perputaran uang di daerah ini sangat besa, bahkan mencapai 80 persen dari seluruh aktivitas keuangan di Yogyakarta! Setiap tahun, ada sekitar 300 miliar Rupiah berputar di kegiatan ekonomi Sleman, termasuk Babarsari. Luar biasa, ya?

Babarsari, Surganya Kuliner Murah

Kalau kamu penyuka wisata kuliner, kamu bahkan bisa datang ke Babarsari untuk mencoba berbagai tempat makan dengan harga terjangkau. Plus, orang-orang yang membuka usaha di sini banyak yang pendatang, jadi kamu bisa mencicipi “Indonesia kecil” di Babarsari.

Soto Ayam Cak Kholil Arifin asal Jawa Timur, misalnya, jadi tempat sarapan favorit karena sotonya yang gurih, kaya rempah, dan murah. Yang suka mi ayam bisa ke Mie Ayam Palembang Afui. Kedai ini ngetop karena ada menu mi ayam monster, yaitu mi porsi super jumbo.

Buat yang suka jajanan, boleh datang ke Martabak Kubang. Selain martabak telur dan manis yang biasa, kamu bisa beli martabak durian dan roti cane keju yang gurih. Ingin makan kenyang sambil lesehan? Datang saja ke Lesehan Arek Suroboyo Cak Nur yang menyajikan pecel ayam, ayam bakar, ikan bakar, dan sebagainya. Plus, lokasinya pas di depan Mie Ayam Palembang Afui, jadi kamu bisa coba-coba banyak makanan tanpa jalan jauh-jauh!

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Makanan Khas Jawa Ini Juga Sarat Makna

Babarsari memang punya reputasi lumayan kelabu sampai dapat julukan Gotham City, tetapi tempat ini juga punya banyak cerita, lho. Kalau mau tahu lebih banyak tentang Babarsari dan area kaya cerita lainnya di kawasan Jogjakarta, jangan lupa main ke podcast Cerita Kampung Halaman.

Gimana cara mengikuti podcast serupa? Yuk, kunjungi Noice dengan cara mengeklik web player Noice. Kamu juga bisa mendengarkan podcast ini atau judul seru lainnya lewat ponsel. Caranya, kamu bisa mengunduh aplikasi Noice secara gratis di App Store dan Play Store. Kalau ingin mendengarkan yang lain, ada beragam audiobook dan siaran radio menarik di Noice. 

Podcast Tsama Dengan

Tsamara Amany