Buku Pemasaran – Ilmu marketing memang bukanlah ilmu yang hanya bisa dipelajari dari buku. Namun, tanpa bekal teori yang cukup, bisa jadi teknik marketing-mu kurang greget dalam menggaet hati calon klien/konsumen. 

Kali ini, Noice akan menyuguhkan 7 daftar rekomendasi buku pemasaran yang cocok buat kamu yang ingin berkarier di dunia marketing. Langsung aja, yuk, kita bahas satu per satu! 

1. Top of Mind karya John Hall

Buku Top of Mind karya John Hall ini menjelaskan bagaimana step-by-step yang perlu kamu lakukan untuk membuat brandmu jadi rujukan utama masyarakat. Selain itu, Hall juga menjelaskan bagaimana ekspektasi calon pembeli saat ini sudah jauh berbeda, sehingga tak heran jika kamu perlu meninggalkan cara pemasaran yang terlalu kolot.

Sebagaimana dikutip dari buku tersebut, bisnis bukanlah sekadar bisnis. Bisnis juga merupakan hubungan antara satu orang dengan orang yang lain yang didasarkan atas kepercayaan. 

Maka dari itu, kamu perlu menemukan bagaimana cara untuk membangun kepercayaan pada benak calon pembeli/konsumen supaya teknik marketing yang kamu lakukan berhasil. 

2. Hooked karya Nir Eyal dan Ryan Hoover

Rekomendasi buku pemasaran selanjutnya adalah Hooked karya Nir Eyal dan Ryan Hoover. Nah, selain untuk calon marketer andal, buku yang satu ini cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memulai startup.

Apa yang akan kamu jumpai di buku ini adalah tentang langkah sistematis untuk membuat produk maupun jasa yang dapat membekas di hati pelanggan. Lebih spesifiknya lagi, membuat produk yang bisa menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat sehari-hari.

Salah satu pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam menjelaskan argumennya adalah suksesnya sebuah aplikasi dalam menyita perhatian kita dengan push notifications-nya. Dari situ, kamu bakal belajar apa saja rahasia yang membuat pengguna aplikasi jadi ‘kecanduan’ untuk menggunakannya. 

3. Blue Ocean Strategy oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne

Setelah Hooked, ada lagi rekomendasi buku pemasaran yang bagus untuk kamu baca. Buku tersebut adalah Blue Ocean Strategy karya W. Chan Kim dan Renee Mauborgne.

Buku ini menceritakan tentang betapa pentingnya bagi para pemilik bisnis, termasuk tim marketingnya, untuk selalu berinovasi supaya bisa menang dari para pesaingnya. Inovasi inilah makna sebenarnya dari konsep blue ocean strategy. 

Supaya survive dari kompetisi bisnis dan pemasarannya yang sudah terlampau jenuh (atau disebut sebagai red ocean), maka membuat blue ocean (strategi bisnis baru yang inovatif) bisa jadi solusinya. 

Nggak cuma supaya bisa survive dari pekatnya persaingan di red ocean, konon kamu bisa mengurangi biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membuat bisnismu jalan. Gimana, merasa cocok dengan buku ini?  

Baca juga: Pelajari Apa Itu Marketing dan Jenisnya Sebelum Mulai Berbisnis!

Ide Pokok “This is Marketing”

Seth Godin

4. Influence: Science and Practice oleh Robert Cialdini

Rekomendasi buku pemasaran yang satu ini menekankan pentingnya membangun dan memiliki kemampuan untuk melakukan persuasi. Pasalnya, persuasi tidak hanya dibutuhkan dalam bisnis saja. Kemampuan persuasi juga secara tidak sadar kita gunakan dalam melakukan interaksi sehari-hari.

Nah, kalau kamu masih merasa kekurangan dalam melakukan persuasi, buku ini bisa jadi rekomendasi buku pemasaran yang pas buatmu. 

Dalam buku ini, Robert Cialdini menjelaskan bagaimana mekanisme seseorang dalam mengambil keputusan. Ia juga menjelaskan bagaimana caranya untuk membuat seseorang otomatis setuju akan perkataan kamu. Keren, gak, tuh?

5. Contagious: Why Things Catch On karya Jonah Berger

Rekomendasi buku selanjutnya adalah sebuah karya dari Jonah Berger yang berjudul Contagious: Why Things Catch On. 

Buku yang satu ini punya hal menarik untuk kamu pelajari, nih. Pasalnya, buku yang diterbitkan pada tahun 2013 ini menjelaskan bagaimana seluk-beluk membuat sebuah produk menjadi populer.

Menariknya, buku ini juga bisa menjawab pertanyaanmu mengapa sebuah konten yang dipublikasikan secara online bisa jadi viral. 

Jonah Berger, profesor marketing di Wharton School, University of Pennsylvania menghabiskan beberapa tahun hidupnya untuk membuat buku yang membahas tentang rahasia di balik pentingnya word of mouth serta transmisi sosial dalam adanya penyampaian sebuah informasi. Di buku inilah ia menjelaskan beberapa prinsip dasar dalam membuat sebuah hal jadi ‘contagious’ alias viral—baik itu sebuah produk, jasa, maupun sekadar konten online.  

6. This is Marketing oleh Seth Godin

Cara marketing yang kita jumpai mungkin sering bikin kita kesal. Bagaimana tidak, kita mungkin sering tidak sengaja berlangganan ke sebuah newsletter produk online. Sayangnya, setelah berlangganan selama beberapa waktu, email marketing tersebut kita anggap sebagai suatu spam

Kalau sudah begitu, apakah teknik marketing tersebut masih efektif untuk dilakukan? Tentunya tidak.

Karena itu, Seth Godin ingin para pembacanya untuk menyadari bahwa marketer yang hebat adalah marketer yang menggunakan proses pemasaran untuk menyelesaikan masalah orang lain. Menurutnya, pemasaran bukanlah membombardir calon pembeli dengan beragam penawaran yang mungkin terkesan tidak penting bagi mereka.

Maka dari itu, Godin menyarankan agar tak lagi melakukan marketing menggunakan iklan clickbait atau email spam. Godin menjelaskan bagaimana marketing sebaiknya dilakukan, yaitu dengan mendasarkan kegiatan tersebut pada empati terhadap calon pelanggan. 

7. Shoe Dog: A Memoir by the Creator of Nike oleh Phil Knight

Buku pemasaran ini ditulis langsung oleh si kreator brand Nike, yaitu Phil Knight. Di buku ini, Knight mengisahkan bagaimana perjuangannya dulu sebelum memiliki perusahaan sebesar Nike.

Dalam buku itu, ia memulai kisahnya ketika ia masih menjual sepatu impor Onitsuka Tiger pada saat usianya masih 24 tahun. Saat itu, usahanya hanya dibekali modal $50 yang ia pinjam dari ayahnya. Menariknya, usaha ‘berdagang’ sepatu impor itu justru membekalinya dengan pengalaman dan ilmu berbisnis hingga akhirnya ia mendirikan Nike. 

Sebagaimana diketahui, Nike merupakan salah satu brand sukses dengan nominal penjualan tahunan mencapai 30 miliar dolar. Fantastis, kan?

Tertarik untuk mengenal pendiri Nike lebih lanjut dan mengetahui bagaimana ia melakukan pemasaran untuk brand tersebut? Yuk, buruan baca bukunya!

Baca juga: Jenis Strategi Pemasaran di Perusahaan dan Contohnya

Nah, itu dia 7 rekomendasi buku pemasaran yang bisa kamu baca supaya skill marketing-mu bisa berkembang terus.Selain dengan baca buku, kamu juga bisa mendengarkan podcast untuk menambah ilmu, lho.

Noice punya audiobook This is Marketing yang bisa bantuin kamu untuk belajar intisari dari buku Seth Godin yang sudah disebutkan. Yuk dengerin podcastnya di Noice  rumah konten audio Indonesia atau unduh aplikasi Noice di Google Play atau App Store sekarang!