Podcast galau – Bagaimana perasaanmu hari ini? Apakah kamu merasa galau selama seharian penuh? Penyebab galau bisa bermacam-macam. Kamu mungkin galau akibat putus cinta, galau karena problem keluarga, ataupun galau akibat kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat di sekolah, kampus, atau tempat kerja.

Apa pun penyebabnya, kegalauanmu butuh perwakilan yang bisa meringankan beban hati dan pikiran. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, dengarkan rekomendasi podcast galau berikut!

Baca juga: Ingin Hubungan Awet? Ini Kiat Ampuh Mempertahankannya

8 Rekomendasi Podcast Galau

1. Catatan Khoirul Triann

Podcast galau yang pertama datang dari Khoirul Triann dengan kumpulan puisi cintanya. Siniar yang hadir secara eksklusif di Noice ini telah mencapai lebih dari 4,4 ribu pelanggan. Sejak pertama kali mengudara pada Agustus 2021, Khoirul telah merilis sekitar 45 episode.

Catatan Khoirul Triann banyak digemari karena menyajikan puisi-puisi yang sesuai dengan berbagai situasi galau. Misalnya, jika sedang galau karena ditinggalkan oleh seseorang yang sangat kamu cintai, episode “Selamat Melanjutkan Perjalananmu” bisa menjadi pilihan. Lalu, ada pula episode “Bertahan Ya” yang mesti kamu dengar untuk menguatkan hatimu saat menghadapi situasi yang tak sesuai rencana.

Ciri khas dari podcast ini adalah suara hujan dan alunan melodi piano lembut yang mengiringi setiap puisi Khoirul. Jadi, ketika mendengarkan, tanpa sadar kamu akan terhanyut di dalamnya!

2. Rintik Sedu X NOICE

Nama Rintik Sedu bisa jadi sudah pernah kamu dengar. Ia adalah nama samaran dari seorang wanita kelahiran 4 Mei 1998, Nadhifa Allya Tsana. Tsana awalnya aktif dalam dunia kepenulisan dan sudah pernah menulis beberapa buku, seperti “Geez & Ann”, Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang”, serta “Buku Minta Dibanting”. Wanita ini juga sering mempublikasikan kisahnya di akun Instagram, yang sekarang telah mencapai lebih dari 2,5 juta pengikut.

Namun, seiring waktu, Tsana memutuskan untuk mengawali karier di dunia podcast untuk menyuarakan tulisan-tulisannya. Pada akhir tahun 2019, siniar Rintik Sedu X NOICE mengudara untuk pertama kalinya. Sebagai salah satu podcast galau populer, siniar ini sudah mencapai lebih dari 2,6 ribu pelanggan.

Rintik Sedu X NOICE cenderung membawakan narasi-narasi tentang suka duka pengalaman cinta. Ditemani dengan petikan gitar nan kalem, podcast ini sukses untuk “relate” dengan para pendengarnya. Buat kamu yang bingung memilih episode, coba dengarkan “sometimes, we let things go”, “besok coba lagi”, dan “jatuh cinta di umur 20-an memang ribet ya”.

3. Suara Puan

Hati sedang berisik dan sulit untuk berhenti berkecamuk? Podcast galau ini bisa menyuarakan isi hatimu! Suara Puan ialah podcast yang diberdayakan oleh Kata Puan dan bertujuan membagikan perasaan yang dialami oleh para perempuan dari beragam latar belakang. Masing-masing rasa, seperti renjana, kasmaran, sendu, ikhlas, dan kehilangan, bisa kamu rasakan di setiap episode podcast ini.

Suara Puan pertama kali mengudara di Noice pada 20 November 2019 dengan episode bertajuk “Carmen Arboris Mundi”. Sejak saat itu, podcast ini sudah merilis lebih dari 40 episode dan telah diikuti oleh sekitar 2,1 ribu pelanggan. Beberapa konten Suara Puan yang menarik untuk didengar, antara lain,

4. Kontemplasi

Podcast galau berikutnya adalah Kontemplasi karya Menjadi Manusia. Siniar yang hadir secara eksklusif di Noice ini membawakan berbagai kisah dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali percintaan, dengan penyampaian nan puitis. Setidaknya, sudah ada lebih dari dari 3,4 ribu pelanggan yang mengikuti konten dari podcast ini.

Sesuai dengan tajuknya, Kontemplasi mengajak para pendengar untuk fokus merenung dan melupakan sejenak lingkungan sekitar. Tambahan musik pengiring yang syahdu membuat setiap episode podcast ini terasa tidak monoton. Inilah deretan episode Kontemplasi yang bisa menemani kegalauanmu:

5. Kata Puan x NOICE

Sama dengan Suara Puan, podcast galau ini dibawakan oleh wanita bernama Stefany Chandra. Kegemaran Stefany dalam menulis dan membaca puisi mendorongnya untuk menyuarakan karyanya lewat podcast. Kata Puan menjadi salah satu siniar original di Noice dan telah mencapai lebih dari 1,2 ribu pelanggan.

Meski tidak sebanyak Suara Puan, episode-episode Kata Puan x NOICE menawarkan kesan galau yang berbeda. Kamu bisa menyimak beberapa episode, seperti “Cinta di Atas Panggung Teater”, “Dongeng untuk Orang Dewasa”, serta “Senjata Melawan Waktu” untuk mengetahui perbedaannya.

6. Hati Suri

Hati Suri oleh Aya Canina menjadi rekomendasi podcast galau selanjutnya. Podcast dengan jumlah pelanggan lebih dari 1,5 ribu pengguna ini menyuguhkan puisi-puisi kontemplasi. Berkat suara Aya yang lirih, kamu bisa hanyut dalam kegalauan sejenak tanpa terganggu oleh dunia luar!

7. Musikalisasi Rhia

Podcast galau dengan total 4,2 ribu pelanggan ini akan mengajakmu merenungi puisi-puisi cinta. Rhia Lestari, kreator dari Musikalisasi Rhia, terdengar piawai dalam membawakan setiap sajak sehingga kegalauanmu terasa seperti sedang disuarakan. Sebagai awalan, kamu bisa mendengarkan episode bertajuk “Surat untuk Calon Mertua”, “Mencintai Luka”, dan “Suatu Hari jika Kamu Lupa”.

8. Suaraibra

Hadir secara eksklusif di Noice, suaraibra menyerukan perasaan paling mendalam dalam diri seseorang. Tidak seperti podcast galau lainnya, siniar ini cenderung membahas tentang kegalauan di lingkungan sosial dan budaya. Contohnya, ada episode “overthinking” yang cocok buat kamu yang sedang banyak pikiran dan “toxic” tentang ucapan menyakitkan bagi kita yang dianggap sepele oleh orang lain.

Bagaimana? Apakah rekomendasi podcast galau di atas sesuai dengan suasana hati dan permasalahan yang kamu hadapi saat ini? Terkadang, tidak ada salahnya berhenti sejenak untuk hanyut dalam sendu. Namun, pastikan kamu tidak berlarut-larut dalam kegalauan dan segera bangkit kembali setelahnya, ya.

Baca juga: Rangkuman Buku The Art of Solitude: Cara Berdamai dengan Kesepian

Dengarkan podcast galau pilihanmu hanya di Noice! Rumah konten audio Indonesia ini hadir dalam bentuk web player yang bisa diakses melalui peramban. Selain itu, aplikasi Noice juga dapat kamu unduh ke ponsel pintar melalui PlayStore dan AppStore. Jadi, apa pun perangkatnya, tak perlu khawatir! Noice siap menemanimu di kala sendu!