Apa itu Astral Projection – Pernah dengar istilah proyeksi astral? Banyak orang hanya tahu kalau astral projection adalah fenomena “roh keluar tubuh”, tetapi bagaimana penjelasannya? Kenapa fenomena itu bisa terjadi? Apakah itu klenik, atau ada penjelasan ilmiahnya? Yuk, baca lebih mendalam tentang fenomena menarik ini.

Baca juga: Cerita Horor Kisah Nyata di Indonesia yang Viral dan Melegenda

Apa Itu Astral Projection?

Kamu mungkin pernah mendengar ceritanya atau bahkan mengalami sendiri: kamu dalam keadaan tidak sadar, tetapi tiba-tiba kamu “melayang” keluar tubuhmu. Kamu bisa melihat fisikmu berbaring, dan kamu seolah mengapung. Fenomena ini sering digambarkan sebagai proyeksi astral.

Walau fenomena keluar tubuh sering dikaitkan dengan proyeksi astral, tetapi astral projection cenderung merujuk pada tindakan mengeluarkan kesadaran dari tubuh dan mengembara. Jadi, walau sama-sama merupakan “fenomena roh keluar tubuh”, proyeksi astral berbeda dari hal serupa yang terjadi ketika seseorang sakit atau mendekati kematian.

Astral Projection dalam Berbagai Kepercayaan 

Kalau kamu baru mengenal astral projection, kamu mungkin nggak tahu kalau proyeksi astral merupakan bagian dari berbagai kepercayaan. 

Dalam teks Hindu Kuno seperti YogaVashishta-Maharamayana, tubuh tidak dibagi menjadi dualism fisik dan roh seperti dalam konsep Barat, tetapi sebuah entitas yang terdiri dari titik-titik energi. Meditasi dan latihan pernapasan tertentu konon bisa membuat seseorang mengakses titik-titik tersebut untuk melakukan hal-hal yang melampaui kemampuan fisik tubuh, seperti proyeksi astral.

Ajaran Taoisme juga memiliki konsep serupa dalam napas meditatif. Lewat pernapasan khusus ini, tubuh manusia bisa menarik energi dan mengubahnya menjadi “mutiara” yang bisa disebarkan ke seluruh penjuru tubuh. Hal ini bisa memisahkan tubuh dan jiwa, tetapi keduanya tetap berada dalam satu kesatuan.

Istilah proyeksi astral sendiri lahir dari aliran Barat bernama Teosofi. Didirikan oleh Helena Blavatsky, prinsip-prinsip Teosofi sendiri banyak mengambil dari ajaran esoterisme Barat dan agama-agama Timur seperti Hindu dan Buddha. Jadi, nggak heran jika konsep proyeksi astral dari zaman kuno bisa muncul di sini.

Adakah Penjelasan Medis Astral Projection

Orang yang menganggap proyeksi astral sebagai klenik atau mitos biasanya mengaitkannya dengan fenomena medis. Ternyata, para ilmuwan dan dokter telah mencoba mencari penjelasan medis astral projection, walau belum ada kesimpulan pasti. Inilah beberapa penjelasannya:

1. Kurang Tidur atau Kelelahan

Kurang tidur atau terlalu lelah bisa memicu fenomena mirip proyeksi astral. Hal ini kemungkinan menciptakan fenomena proyeksi astral yang sifatnya spontan, dan biasanya terjadi saat malam atau menjelang bangun.

2. Konsumsi Obat dan Senyawa Tertentu

Mengonsumsi obat atau senyawa tertentu bisa memengaruhi kerja otak dan menimbulkan sensasi mirip proyeksi astral. Contohnya adalah LSD, DMT, dan senyawa halusinogenik lain.

3. Gangguan Sensorik

Gangguan sensorik bisa memengaruhi kerja otak dan saraf serta menimbulkan beragam sensasi. Salah satunya bisa jadi berupa fenomena mirip proyeksi astral. Gangguan tersebut bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya cedera kepala hingga suara bising.

Perbedaan Astral Projection dan Lucid Dreaming 

Ingat, astral projection nggak sama dengan lucid dreaming!

Dalam lucid dreaming, fenomenanya terjadi ketika kamu berada dalam situasi tidur. Sebaliknya, astral projection bisa dilakukan dalam kondisi sadar.

Kamu biasanya sadar sedang bermimpi ketika mengalami lucid dreaming, bahkan bisa mengontrol elemen di dalamnya. Akan tetapi, level astral projection jauh di atasnya. Kalau mau berlatih, kamu bahkan bisa mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi dan mengetahui hal-hal normalnya tidak bisa kamu ketahui.

Cara Melakukan Astral Projection 

Bagaimana cara melakukan astral projection? Bisa nggak ini dilatih?

Jawabannya: bisa! Ada berbagai tradisi yang mengajarkan proyeksi astral terhadap pengikutnya, jadi ini sesuatu yang bisa kamu coba. Kamu nggak perlu mengikuti kepercayaan tertentu, tetapi kamu bisa menjajal proyeksi astral tingkat pemula di rumah asalkan situasinya mendukung.

Penasaran? Ikuti langkah-langkah ini untuk melatih dirimu sendiri:

1. Pilih Waktu dan Tempat yang Tepat

Lakukan proyeksi astral saat kamu sedang sangat relaks, misalnya sore setelah pekerjaan selesai atau tengah malam (tapi belum sampai tidur). Untuk tempatnya, kamu bisa berbaring di kasur, di dalam kamar yang tertutup agar tidak ada yang mengganggumu. Matikan lampu serta ponsel dan tutup tirai.

2. Buat Otot Seluruh Tubuh Santai

Berbaringlah di kasur dengan posisi selemas dan sesantai mungkin. Pejamkan mata dan bayangkan otot seluruh tubuhmu kontraksi sebelum relaks lagi. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa tubuhmu santai.

3. Mulai Bernapas Santai dan Teratur

Setelah tubuhmu santai, mulailah dengan napas ala meditasi. Tarik napas dari hidung dan keluarkan lewat mulut. Lakukan perlahan-lahan dan sesantai mungkin. Nggak usah memikirkan apa-apa, cukup memejamkan mata dan fokus pada napasmu.

4. “Hipnotis” Anggota Badan Sendiri

Masih sambil memejamkan mata dan bernapas santai, mulailah menghipnotis otak dengan memikirkan ujung-ujung jari. Bayangkan kamu menggerakkan ujung-ujung jarimu, tetapi hanya di dalam pikiran. Pelan-pelan, lakukan hal serupa terhadap anggota tubuh lain, misalnya memutar pergelangan tangan, menekuk siku, menggerakkan kaki, menekuk lutut, dan menolehkan kepala. Ingat, hanya dalam pikiran!

5. Sambut Sensasi yang Muncul

Ketika fase hipnotis diri berhasil, kamu mungkin akan merasakan sensasi getaran. Hal ini bisa jadi karena “roh” akan keluar dari tubuh. Jangan takut dan tetaplah bernapas dengan santai, dan sambut sensasi tersebut.

6. Bayangkan Dirimu Berkeliling Ruangan

Coba mulai membayangkan ruangan di sekelilingmu. Bayangkan dirimu beranjak perlahan dan mendekati jendela atau pintu. Jika berhasil, kamu bakal melihat dirimu masih berbaring di kasur saat kamu mendekati pintu dan jendela.

Baca juga: Legenda Hantu Lampor, Kisah Keranda Terbang yang Bikin Merinding

Masih penasaran soal astral projection dan hal menarik lain yang serba mistis dan esoteris? Kamu bisa dengarkan di Podcast Tanah Jawa atau  podcast serupa lain di Noice. 

Gimana cara mendengarkannya? Klik web player Noice atau unduh aplikasinya di App Store dan Play Store. Kamu juga bisa lho menemukan beragam audiobook dan siaran radio menarik. Yuk, segera kunjungi Noice dan temukan keseruan belajar tentang astral projection dan hal menarik lain!

Ide Pokok “Twelve Steps To A Compassionate Life”

Karen Armstrong