Rekomendasi Buku Investasi – Banyak penasihat keuangan yang menyarankan generasi muda untuk mulai berinvestasi dari sekarang. Sayangnya, meski ada niat, tak sedikit anak muda yang masih merasa bingung untuk memulai atau justru tak mendapatkan motivasi yang sesuai. Jika kamu masih mencari inspirasi untuk mulai berinvestasi, tujuh rekomendasi buku di bawah ini bisa membantu. 

Baca juga: Cara Memulai Investasi bagi Pemula, Mudah Diterapkan!

Rekomendasi Buku Investasi untuk Pemula

1. Your Money or Your Life

Your Money or Your Life menjadi buku pertama yang akan dibahas dalam daftar rekomendasi buku investasi untuk pemula. Buku ini ditulis oleh Vicki Robin, seorang penulis, pembicara, dan inovator sosial yang tak lagi asing bagi sejumlah media terkenal di Amerika Serikat, seperti The New York Times, The Wall Street Journal, dan People Magazine. 

Dalam bukunya, Vicki memaparkan hubungan antara pendapatan dan kehidupan yang sebenarnya saling mendukung untuk mencapai kebebasan finansial. Your Money or Your Life juga membocorkan sejumlah kiat yang bisa dilakukan siapa pun untuk meraih tujuan tersebut. Beberapa di antaranya adalah menghindari hutang, menumbuhkan kebiasaan menabung dan berinvestasi, serta mulai menata hidup sederhana. 

2. Make It Happen, Now!

Rekomendasi buku selanjutnya datang dari penulis lokal, Prita Hapsari Gozie. Lewat bukunya yang berjudul Make It Happen, Now!, Prita memberikan motivasi bagi anak muda untuk berinvestasi mulai dari sekarang. Buku ini bahkan diklaim sebagai buku pintar rencana keuangan untuk wujudkan mimpi karena di dalamnya, kamu akan menemukan sederet tips dan tahapan merencanakan keuangan lewat investasi dan sebagainya.

Tak cukup sampai di situ, kamu pun akan menemukan beragam kisah inspiratif dari tokoh-tokoh populer di Indonesia yang telah dianggap berhasil secara finansial. Motivator keuangan seperti Merry Riana, Moza Pramita, dan Analisa Widyaningrum akan membagi kisah sukses mereka yang bisa menjadi sumber inspirasi untuk generasi muda, dari generasi X hingga milenial.

3. Rich Dad, Poor Dad

Dari sejumlah rekomendasi buku investasi untuk pemula yang kini sudah banyak bermunculan, buku Rich Dad, Poor Dad adalah buku inspiratif yang tak lekang oleh waktu. Edisi pertamanya terbit sekitar 25 tahun lalu, tetapi filosofi yang diperkenalkan oleh buku ini masih bisa diterapkan untuk kondisi finansial di masa sekarang.

Buku ini ditulis oleh Robert T. Kiyosaki yang juga berprofesi sebagai investor dan usahawan. Seperti judulnya, Rich Dad, Poor Dad membahas perbedaan cara mengelola keuangan antara ayahnya sendiri yang dianggap ayah miskin dan ayah seorang temannya yang ia anggap sebagai ayah kaya.

Dari perbandingan yang ia amati, Kiyosaki menyimpulkan jika seorang ayah dengan pola pikir miskin hanya akan mendorong anaknya untuk menjadi pekerja. Sementara itu, ayah yang kaya akan memotivasi anak-anaknya untuk mulai berinvestasi sejak dini.

4. Rich Dad’s Guide to Investing

Filosofi Rich Dad dari Robert T. Kiyosaki terhubung dengan rekomendasi buku selanjutnya yang khusus membahas tentang panduan investasi. Dalam buku berjudul Rich Dad’s Guide to Investing, Kiyosaki membeberkan lebih lanjut tentang cara mendapatkan keuntungan pasif lewat investasi dengan menjadi seorang investor yang aktif. Buku ini sebenarnya merupakan buku kedua dari tiga judul utama dalam seri Rich Dad.

Dibandingkan buku sebelumnya, Rich Dad’s Guide to Investing dianggap lebih cocok dibaca oleh mereka yang sudah tergerak untuk memulai investasi. Di dalamnya, kamu akan menemukan sejumlah aturan utama dalam dunia investasi, termasuk cara mengurangi risiko yang mungkin ditimbulkan serta tips meningkatkan penghasilan melalui jenis-jenis investasi yang beragam. 

5. Rich Dad Who Took My Money

Satu lagi rekomendasi buku investasi untuk pemula dari seri Rich Dad karya Robert T. Kiyosaki. Di buku ketiga berjudul Rich Dad Who Took My Money, Kiyosaki membocorkan alasan mengapa investor yang beraksi perlahan-lahan bisa kalah telak dari aktivitas finansial yang bergerak cepat. Salah satu alasannya adalah karena banyak investor pemula yang memutuskan untuk menyimpan uangnya demi kepentingan jangka panjang.

Menurut Kiyosaki, hal tersebut adalah kesalahan umum investor pemula yang harus dihindari. Sebaliknya, yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pergerakan uang itu sendiri dengan menginvestasikannya dalam berbagai bentuk. Konsep ini sejalan dengan nasihat yang pernah dia dengar dari ayah temannya yang kaya raya: “Semakin cepat uangmu bergerak, maka keuntungannya akan semakin tinggi dan risikonya akan menjadi lebih rendah.”

6. Millennial Money

Ingin tahu bagaimana investor muda bisa meraup keuntungan luar biasa? Untuk mendapatkan jawabannya, rekomendasi buku yang satu ini tak boleh kamu lewatkan. Millennial Money: How Young Investors Can Build a Fortune yang ditulis oleh Patrick O’Shaughnessy adalah buku tentang investasi yang akan membuatmu tergerak untuk mulai memikirkan jaminan finansial di masa mendatang. 

Patrick O’Shaughnessy merasa terinspirasi untuk menulis buku ini setelah ia menyadari jika Generasi Y yang dikenal dengan milenial tidak bisa sepenuhnya bergantung pada dana pensiun atau sumbangan sosial di masa tuanya nanti.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko kemiskinan di masa depan, milenial harus pandai-pandai menabung dan berinvestasi sejak saat ini. Patrick yang sudah menggiring keberhasilan banyak investor muda di pasar saham akan menjelaskan strategi investasi yang tepat melalui buku yang ditulisnya. 

7. The Deals of Warren Buffett

Siapa tak kenal Warren Buffett? Investor pemula maupun profesional mungkin menjadikannya sebagai sosok panutan dan role model di bidang investasi. Ini tentu saja hal yang pantas bagi Warren Buffett, mengingat keberhasilan dirinya menjadi investor terbesar dunia yang mampu menghasilkan 100 juta dolar setelah berinvestasi selama hampir empat dekade. 

Glen Arnold mendeskripsikan perjalanan investasi Warren Buffett yang menginspirasi dalam bukunya, The Deals of Warren Buffett. Filosofi investasi, rencana keuangan, hingga cara sang investor bangkit dari kesalahannya dibahas secara mendalam oleh Arnold. Jadi, tak heran jika bukunya menjadi salah satu rekomendasi buku yang wajib dibaca oleh generasi muda yang ingin mulai berinvestasi. 

Jika dipikir lagi, ada lebih banyak rekomendasi buku investasi untuk pemula yang bisa kamu jadikan panduan berinvestasi. Namun, ketujuh buku di atas cukup untuk memberikan first insight yang akan mendukung niatmu sebagai investor pemula. 

Baca juga: Berani Memulai! Ini 7 Tips Investasi Milenial untuk Masa Depan

Jangan khawatir jika kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk membacanya. Rangkuman semua buku yang telah dibahas di atas bisa kamu dengarkan secara gratis melalui web player Noice yang dapat diunduh di PlayStore dan AppStore. Saatnya temukan inspirasi setiap hari dengan mendengarkan konten terbaik di Noice, rumah konten audio Indonesia!